PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN

     Kegiatan Pasca Panen Adalah kegiatan yang dilakukan setelah panen, biasaynya sangat minimum perlakuannya.

      Kegiatan Pengolahan Adalah kegiatan yang merubah sifat hasil pertanian memjadi produk lain antara lain memasak, merebus, mengentalkan , dsb atau disebut konversi dan transformasi (mentah menjadi matang , hambar menjadi manis / asin / gurih, buah nanas menjadi nanas kalangan , tebu menjadi gula.

> Pemahaman dan batas pasca panen dan pengolahan memang tidak tegas , i.e mengupas kulit gabah ( menyosoh ) sering sebagaj pasca panen, tetapi mengupas kulit nanas dalam industri pengalengan merupakan pengolahan.

> Berdasarkan itu dalam pembahasan selanjutnya kedua kegiatan pasca panen dan pengolahan dikelompokan menjadi kegiatan proses atau pengolahan yang meliputi prevensi atau konservasi dan transformasi / konversi .

Agroindustri Adalah industri yang mengolah komoditas pertanian primer menjadi produk olahan baik produk antara ( intermediate product ) maupun produk akhir ( finish product ).
Termasuk didalam nya adalah penanganan pasca panen, industri pengolahan makanan dan minuman, industri biofarmaka , industri bioenergi, industri pengolahan hasil ikutan ( by product ) serta industri agrowisata.

Industri pertanian adalah suatu rangkaian kegiatan dari produksi bahan baku.

Teknologi pangan adalah aplikasi ilmu pangan ke dalam sistem seleksi pengawetan , pengolahan, pengemasan, distribusi dan pemanfaatan bahan pangan yang baik, aman , dan bergizi.

Ilmu pangan adalah ilmh dasar yang menggabubgkan prinsip ilmu biologi, fisika, kimia , dan teknik yang digunakan untuk mempelajari nya.


Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM PEWARNAAN GRAM

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STERILISASI DAN PEMBUATAN MEDIA

LAPORAN PRAKTIKUM PEREMAJAAN DAN TRANSFER MIKROBA