DAMPAK GLOBALISASI

GLOBALISASI




       Globalisasi merupakan kenyataan yang tak terelakan lagi. Seluruh sendi-sendi kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan pun ikut terkena arus globalisasi.


  1. Makna Globalisasi
      Globalisasi berasal dari kata global yang artinya secara umum dan keseluruhan yang bersangkut paut meliputi seluruh dunia.

       Menurut Malcolm Waters  globalisasi adalah sebagai proses sosial yang memaksa kesatuan sebuah kehidupan sosial dan budaya di mana masyarakat bertambah menjadi sadar bahwa mereka tidak lagi bisa mundur dari keadaan tersebut, definisi ini di tulis di dalam buku nya yang berjudul Globalization.

     Sedangkan menurut Peret Marcuse, globalisasi adalah kondisi di mana meluasnya teknologi informasi, angkatan udara, spekulasi dalam pasar uang, dan meningkatnya arus modal lintas negara.

      Adapun ahli yang mengartikan globalisasi sebagai suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.

2. Proses Globalisasi

     Globalisaai pada hakikatnya merupakan gagasan dari pihak atau negara tertentu yang kemudian ditawarkan kepada pihak atau negara lain untuk diikuti dengan alasan tertentu. Proses globalisasi memerlukan waktu, sehingga merupakan suatu proses yang terua bergulir dari waktu ke waktu.

     Proses globalisasi, mata rantainya terletak di Eropa, secara cepat menyebar dan berkembang ke seluruh dunia dan sebagaian besar negara-negara di dunia membuja diri untuk menerima globalisasi. Proses globalisasi tidak hanya menyentuh kehidupan budaya, tetapi meliputi semua aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, politik, dan komunikasi.

3. Agen - Agen Globalisasi


  1.      Propaganda globalisasi dimotorgeraki oleh agen - agen globalisasi yang berupa lembaga - lembaga internasional seperti IMF, GATT, WTO, World Bank, APEC, dan sebagainya. Lembaga - lembaga ini secara langsung maupun tidak, telah meyebarkan dan menyosialisasikan gagasan - gagasan globalisasi ke seluruh penjuru dunia. 

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PRAKTIKUM PEWARNAAN GRAM

LAPORAN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI STERILISASI DAN PEMBUATAN MEDIA

LAPORAN PRAKTIKUM PEREMAJAAN DAN TRANSFER MIKROBA